3tipsjagajantung

3tipsjagajantung

Sob, sakitnya tuh disini (letakkan jari telunjukmu didada). Mungkin itulah yang akan kamu tunjuk ketika kamu ditanya dimana sakit jantung itu.

Nafas sesak, dan nyeri disekitar area dada adalah gejala umum yang akan timbul bagi orang yang terkena serangan jantung. Penyakit jantung, menjadi momok menakutkan bagi dunia, secara di Indonesia penyakit ini manjadi runner up yang mematikan setelah penyakit Cerebrovaskular  (pecahnya pembuluh darah di otak)

Survei DepKes RI menyebutkan bahwasannya terjadi peningkatan kematian akibat penyakit jantung dari 9.7% menjadi 16%.

Menkes juga memprediksi presentasi tersebut sangat mungkin akan terus meningkat, mengingat perubahan gaya hidup, pola makan serta olaharaga (1)

Penyakit jantung memang bukanlah penyakit menular, namun faktanya penyakit jantung ini juga gak pernah memandang bulu, entah cowok-cewek, muda-tua, kaya-miskin, ganteng-jelek, rakyat-aparat, semua bisa berpotensi. tapi cuman satu yang gak dilirik oleh penyakit ini, siapa itu?? mereka adalah sobat-sobat yang mau menjaga organ vital jantung dengan memperhatikan kualitas kesehatan dan kehidupan.

So, apa sobat mau dilirik penyakit mematikan ini?? ya jangan sampe lah, makanya baca artikel ini dan temukan bagaimana sobat bisa menjaga kesehatan jantung. Ingat lebih baik mencegah dari pada mengobati kan!!

Gak susah kok mejaga kesehatan jantung, namun melihat dampak serangan jantung yang bisa merenggut nyawa, sebaiknya kamu baca tips ringan dan mudah (bahkan free) berikut.

Pertama dan yang utama adalah dari pola makan. Perhatikan sob, poin pentingnya adalah kurangi asupan lemak jenuh dan tambah asupan buah dan sayuran segar karena menurut penelitian World Heart Federation pola seperti itu bisa menurunkan hingga 73% terkena resiko masalah jantung.(2)

Lemak Jenuh atau sering disebut LDL (low-density lipoprotein) adalah kolesterol jahat yang menyebabkan tersumbatnya aliran darah menuju jantung.

kamu bisa jumpai dibanyak makanan junkfood, pantesan  serangan jantung diindonesia meningkat! Kita hidup diera dimana junkfood menguasai produk makanan.

Hindari sob, masih banyak juga kok makanan sehat yang enak. Oatmeal adalah salah satu makanan yang patut kamu coba.

Tak diragukan lagi fakta menyebutkan bahwa kandungan serat beta-glucan mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang merupakan penyebab utama serangan jantung. So jadikan oatmeal sebagai menu sarapan dengan keluarga dirumah.

kedua dan yang tidak bisa diduakan adalah olahraga.

Pagi hari sebelum sarapan adalah waktu yang sangat baik untuk olahraga, gak harus tiap hari kok cukup gunakan waktu libur kerja (misalnya sabtu dan minggu) atau senggang paling tidak 20 menit untuk olahraga. latihan yang baik untuk jantung adalah Jogging.

menurut dr. Michael Tringto. SpKO, Jogging sangat baik untuk jantung karena lebih banyak menggerakan bagian paha dan betis sehingga pembuluh darah yang menyempit dikaki dan tungkai menjadi melebar dan sirkulasi darah ke jantung menjadi lancar, berbeda dengan lari yang akan memberatkan jantung.

Sirkulasi darah yang lancar juga membuat kamu lebih enerjik. Coba kamu lihat kawan kerja kamu ada gak biasanya loyo, ngantuk, sampe ketiduran pas kerja, haha bisa jadi mereka gak pernah jogging, gimana kalo wakil rakyat yang pas rapat ada yang tidur?? Mungkin mereka kurang jogging juga, hahaha sudahlah, oke lanjut.

Ketiga dan yang wajib dijaga adalah memiliki mental yang optimis (positive Thinking). Penelitian studi kasus terbaru yang dilakukan oleh Rosalba Hernandez, seorang profesor tugas sosial dari University of Illinois menjelaskan bahwa orang yang memiliki pandangan opitimis terhadap kehidupan memiliki kesehatan jantung secara signifikan lebih baik, bahkan sangat mungkin memiliki kesehatan jantung yang ideal. (3)

Penerapan mindset optimis atau berfikir positif dalam kehidupan sangat penting, itu akan mengahasilkan energi-energi yang membawa manusia lebih semangat dan bahagia. Sangking besarnya pengaruh sebuah mindset Sidharta Gautama pernah berkata “The Mind is everything, what you think you became”.

Sob, penuhi hari-hari mu dengan positive thinking. Jangan isi dengan kenangan kelam masa lalu (apa lagi mantan, upss), lalu mulailah dengan hati dan fikiran yang bersih.

Kamu bisa biasakan/ terapakan tips ini di doa tau panjatan rasa syukur kamu dipagi hari untuk mengawali aktivitas,

Ya Tuhan terima kasih atas anugerah kesehatan yang engkau berikan kepada hamba, dan orang-orang yang hamba sayang, jagalah setiap degup jantung ini untuk selalu membawa nafas-nafas baik yang membawa kabaikan dalam hidup kami dan juga memebawa kebaikan kepada orang-orang yang hamba sayangi.

Gak susah kan sob! ketiga hal diatas ‘kelihatannya’ susah, padahal mudah banget, yang sulit adalah melakukannya secara ajeg / konsisten.

Dari sekarang ajak saudara, orang tua, teman, sahabat dan semua orang yang kamu sayangi untuk peduli dan sayang terhadap jantung mereka.

Jangan biarkan orang-orang yang kamu cintai menjadi korban dari penyakit mematikan ini, ajak mereka untuk mengatur pola makan, olahraga secara teratur, dan membangun mindset yang positif.

 

Referensi:

  1. http://www.depkes.go.id/article/view/14112700011/penanganan-penyakit-jantung-harus-sesuai-ilmu-kedokteran-terkini-dan-mengutamakan-keselamatan-pasien.html
  2. http://www.world-heart-federation.org/cardiovascular-health/cardiovascular-disease-risk-factors/diet/
  3. https://news.illinois.edu/blog/view/6367/204443

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *